No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Kenapa Saya Suka Menulis Judul Panjang Di Blog? - Readers' Question

Kenapa Saya Suka Menulis Judul Panjang Di Blog? - Readers' Question

Disclaimer: Artikel ini dibuat untuk menjawab pertanyaan dari pembaca blog ini :)

Semua Gambar di blog post ini adalah dokumentasi pribadi

Postingan ini saya buat sebagai klarifikasi saya untuk pembaca blog ini yang penasaran kenapa sih saya suka sekali membuat judul artikel panjang dibanding menarget judul pendek yang to the point.


Sebelum membahas kebiasaan saya menulis judul artikel yang panjang, saya ingin mengucapkan rasa terima kasih saya untuk pembaca blog ini yang sudah bertanya. Thanks for asking me such kind of question.

Sebenernya, sebelum ditanya sama Bimo, ada pembaca blog ini yang udah pernah ngasih komentar serupa di artikel ini: Wahana Hidrolift Jungleland.


Saya bingung harus menanggapinya seperti apa, itu semacam rasa penasaran atau ketidaksenangan membaca tulisan berjudul panjang sampai-sampai saya harus merubahnya atau tetap dengan pendirian saya menulis judul panjang di blog ini. Well, tanpa basa-basi lagi, ini dia alasan kenapa saya lebih memilih judul panjang (long tail keyword) di blog ini.

1. Saya Merasa Lebih Bisa Mengekspresikan Diri Melalui Judul Panjang


Daily Blogger Pro adalah blog personal yang saya seriusi dalam pengelolaannya, sebelum mengelola blog ini, ada banyak blog yang saya buat dan pada akhirnya saya hapus. Pada akhirnya, hanya blog ini yang selalu setia jadi teman perjalanan yang bisa saya jadikan tempat untuk berbagi pengalaman hidup dan artikel edukasi untuk pembaca blog ini.

Oleh karenanya, saya ingin sebebas mungkin mengekspresikan diri di blog ini, ya, sebebas menulis judul sepanjang apapun yang saya mau karena memang ini blog yang saya kelola. Yeah, we have rights to do everything what we want on our blog, right? So do I take my part, to be a blogger that likes long tail keywords so even more.

Well, pernyataan diatas terlihat seperti lebih mementingkan diri sendiri ya? Saya pikir, semua orang juga melakukan hal yang sama dengan saya, apa sih tujuan kita ngeblog selain berbagi manfaat pada sesama? Yup, to make us happy and grateful to God by expressing it with writing a blog post. :)


2. Berpeluang Masuk Halaman Pertama Karena Sedikit Persaingan Kata Kunci Dan Imbasnya Trafiknya Gede, hehe :)


Alasan kedua ini bukan sekedar opini, tapi saya akan menampilkan data kalau judul panjang berpeluang mendapatkan posisi yang bagus di Search Engine Result Page (SERP) Google yaitu posisi halaman pertama. Sebagai subjek eksperimennya, kita gunakan judul artikel panjang berikut:




Dalam judul panjang diatas, saya mengincar dua kata kunci yang dicari oleh pembaca yakni:

1. Hal yang harus dipersiapkan dalam lomba debat Bahasa Inggris
2. Cara memenangkan lomba debat Bahasa Inggris

Kita uji coba poin nomor 1 di pencarian Google dan ini hasilnya:


Sesuai dengan rencana awal, saya menargetkan poin pertama dengan kata kunci: "Hal yang harus dipersiapkan dalam lomba debat Bahasa Inggris." supaya masuk ke halaman pertama dan kalau bisa sih urutan pertama, dan benar saja, tulisan saya itu masuk urutan nomor 1 di hasil pencarian Google.

Sekarang, mari kita uji coba poin kedua di mesin pencari Google dan ini hasilnya:


Lagi, tulisan saya masuk halaman pertama dengan nomor urut ke-2. Kesimpulan yang bisa diambil dari hasil uji coba diatas adalah judul panjang efektif untuk meningkatkan posisi artikel masuk ke halaman pertama dengan posisi yang baik dan memiliki trafik yang bagus pula.

Perolehan Trafik: 3372 tampilan

Sebagai data tambahan, saya sudah menulis 338 artikel di blog ini dan apakah judul panjang memang banyak berpengaruh dalam meningkatkan trafik blog ini? Mari kita buktikan.

Demi kevalidan data, kita gunakan parameter angka 200 tampilan sebagai indikator keberhasilan minimal dari penggunaan judul panjang. Dari total 338 artikel, terdapat 174 artikel yang memiliki trafik diatas 200, bila dikalkulasikan dalam persentase, ini hasilnya:

  174   x 100 = 51,4%
  338

Dari hasil riset kata kunci pada judul panjang, saya mendapatkan keberhasilan lebih dari 50%. Well, pencapaian yang patut disyukuri. Alhamdulilah :)

Berikut keterangan data trafik terkecil hingga tertinggi dari 174 artikel berjudul panjang di blog ini:

Trafik minimal: 200 tampilan / 1 artikel

Trafik tertinggi: 19.685 tampilan / 1 artikel


Oke, melalui artikel ini saya sudah menjelaskan kenapa saya lebih memilih menulis dengan judul panjang dibandingkan menulis judul pendek (Short tail keyword). Selain saya suka judul panjang yang bisa mengekspresikan apa yang saya rasakan, judul panjang juga memberikan bonus trafik blog yang baik.

Saya harap postingan ini bisa menjadi jawaban atas rasa penasaran pembaca selama ini ya. Selain itu juga, saya harap tulisan ini bisa bermanfaat buatmu ya, khususnya penulis blog Indonesia. :)

Kalau kamu lebih suka menulis artikel dengan judul panjang atau pendek? Tuliskan pilihanmu di kotak komentar ya , ditunggu lho :)