3 Kekurangan Dan Keunggulan Seorang Web Programmer Yang Belum Dan Sudah Memiliki Sertifikasi

3 Kekurangan Dan Keunggulan Seorang Web Programmer Yang Belum Dan Sudah Memiliki Sertifikasi

Disclaimer: Artikel Diikutsertakan Dalam Lomba Blog DUMET School

Credit: Freepik

Pernah enggak sih kamu punya keinginan untuk membuat website pertamamu dengan kemampuanmu sendiri? Pasti pernah ya, namun bila kamu tak memiliki kemampuan web programming sama sekali, hal itu terlihat sangat mustahil, bukan?

Sekalipun memaksakan diri untuk belajar secara otodidak, pastinya prosesnya lebih lama, belum lagi kalau kamu menemukan masalah pelik yang sangat mungkin membuatmu untuk berhenti atau bahkan menyerah karena harus berurusan dengan bahasa pemrograman yang bikin kepala pusing setengah mati.

Well, kebanyakan orang yang ingin mempelajari web programming ada yang ingin membangun usaha e-commerce / toko online sendiri, namun ada juga yang ingin bekerja sebagai freelancer di bidang web programming seperti menawarkan jasa pembuatan website kepada klien potensial yang sedang membutuhkan jasa tersebut.

Pertanyaannya adalah apakah calon klien-mu akan mempekerjakan dirimu untuk menangani projek dari mereka kalau kamu belum memilki keahlian yang mumpuni di bidang web programming?

Tentunya, calon klien akan berpikir ulang untuk mempekerjakan seseorang yang tidak memiliki keahlian memadai di bidang web programming. Kemungkinan besar, klien tersebut akan mencari pekerja lain yang keahliannya lebih mumpuni.

Ya, meskipun pada faktanya tidak menutup kemungkinan web programmer yang tak bersertifikasi juga bisa mendapatkan beberapa projek dari klien, hanya saja instensitas projeknya tak sebanyak web programmer yang telah tersertifikasi oleh Diknas.

Sebagai gambaran konkritnya, kamu harus tahu terlebih dahulu kekurangan web programmer yang belum bersertifikasi dan kelebihan seorang programmer memiliki sertifikasi keahlian di bidang web progtamming dari lembaga resmi supaya kamu bisa menentukan pilihan akan bekerja sebagai web programmer yang memiliki sertifikasi atau pun yang sebaliknya.

Freepik
Setidaknya, ada 3 kekurangan yang akan kamu dapati bila kamu memilih berkarir menjadi web programmer yang belum tersertifikasi

1. Kurang Dipercaya Klien

Freepik
Pertama, sebelum seseorang mempercayakan sebuah tugas kepada tenaga ahli, ia akan mempertimbangkan terlebih dahulu, apakah orang yang akan diberinya projek membuat website memang sudah terbukti ahli di bidang web programming.

Walaupun sertifikasi kompetensi bukan segalanya, hanya saja, klien menginginkan bukti nyata kalau kamu memang sudah teruji di bidang web programming dengan memberikan bukti berupa sertifikat tenaga ahli dibidang web programming.

Masalah web programmer yang tak bersertifikasi adalah mereka mendapatkan stigma negatif oleh masyarakat kalau mereka tidak memiliki kemampuan web programming yang professional sehingga berimbas pada sedikitnya projek yang bisa mereka dapatkan perbulannya.

2. Klien cenderung membayar dengan harga murah dan tidak sesuai dengan hasil kerja web programmer


Sudah banyak maunya, ketika masuk proses pembayaran, klien dengan seenaknya memberikan bayaran yang kecil dan tidak sesuai dengan hasil jerih payah yang telah kita keluarkan.

Masalah ini timbul karena klien memandang rendah kualifikasi si web programmer karena ia mengira bahwa klienlah yang berhak untuk memasang harga sesuai keinginannya. Tentunya hal ini sangat merugikan web programmer yang belum memiliki sertifikasi.

3. Deadline pengerjaan projek yang tidak masuk akal

Freepik
Kadang kala, ada klien yang seenaknya sendiri menyuruhmu untuk menyelesaikan projek membuat website dalam rentang waktu yang tidak masuk akal.

Misalnya, kamu sedang mengerjakan projek dari beberapa klien, namun ada klien baru yang marah-marah dan memaksa agar projeknya didahulukan dan diselesaikan sesegera mungkin. Tentunya hal ini bisa membuatmu stress karena dikejar deadline yang mepet dan penuh tekanan.

So, itu dia tiga masalah yang dihadapi oleh para freelancer di bidang web programming yang belum tersertifikasi. Enggak enak ya kalau kita harus berurusan dengan ketiga hal diatas sewaktu bekerja di bidang  yang seharusnya bisa membuat kita happy.

Sekarang, kita akan membahas 3 keuntungan yang bisa kamu peroleh kalau kamu bekerja sebagai freelancer web programmer yang tersertifikasi oleh Diknas.

1. Mendapatkan kepercayaan yang baik oleh klien

Freepik
Hal pertama yang akan dilakukan oleh calon klien sebelum menyerahkan projek kepada para freelancer adalah melihat profil atau portofolio dari para pekerja lepas yang akan mereka pekerjakan.

Begitu calon klien mengetahui kalau kamu memeiliki kualifikasi yang mumpuni di bidang web programming yang dibuktikan dengan adanya sertifikasi keahlian web programming, maka besar kemungkinanya kamu bisa menggaet banyak klien  yang pada akhirnya bisa memberikanmu profit lebih.

2. Dibayar lebih baik dan layak sesuai dengan hasil jerih payah yang telah kamu usahakan

Freepik
Dalam proses pengerjaan website, tentunya kamu akan membuat banyak sampel yang nantinya akan kamu tunjukkan pada klienmu supaya ia memiliki banyak pilihan yang bisa ia pilih dari sekian banyak sampel yang telah kamu buat sebelumnya.

Dari banyaknya sampel yang kamu buat, klienmu bisa mengetahui kalau kamu serius dalam pengerjaan projek yang telah mereka berikan padamu.

Kamu juga bisa menjelaskan proses kerjamu dalam membuat sampel-sampel itu seperti sampel A menggunakan template (tampilan) website yang responsif sedangkan sampel B lebih mengutamakan tampilan sederhana namun eye-catching.

Melihat parameter kerja yang terukur dan bisa diamati seperti diatas, calon klien bisa kamu ajak untuk bernegosiasi soal harga atau bayaran yang layak sesuai usaha yang sudah kamu upayakan.

3. Deadline pengerjaan projek bisa kamu atur sesuai dengan kesibukan harianmu

Freepik
Salah satu keuntungan dari freelancer web programming yang telah memiliki sertifikasi adalah mendapatkan hak preogatif untuk bernegosiasi dengan klien untuk menentukan berapa lama projek yang akan ia kerjakan.

Tentu hal ini bisa berdampak baik karena kamu tidak harus memaksakan diri mengerjakan projek seharian yang nantinya hanya berdampak buruk pada kesehatanmu.

Sebagai data tambahan, saya sertakan sebuah video simulasi mengenai kehidupan seorang programmer yang menjalani pekerjaannya sebelum dan sesudah mendapat sertifikasi yang diakui kredibilitasnya oleh masyarakat umum, video ini dibuat oleh mahasiswa universitas brawijaya, berikut videonya:


Saya harap, karya video diatas bisa memberikanmu gambaran bagaimana sih kalau kamu bekerja menjadi programmer yang belum atau sudah tersertifikasi.

Nah sekarang pertanyaannya adalah apakah kamu ingin jago web programming sehingga kamu berhasil mewujudkan impianmu untuk bekerja lewat passion yang kamu tekuni di bidang programming? Kalau iya, kamu harus memulai belajar web programming sesegera mungkin, untuk itu, kamu punya dua pilihan supaya bisa mempelajari web programming.

Freepik
Pilihan pertama, kamu bisa belajar secara independen, ada begitu banyak materi web programming di internet, kamu bisa membacanya dengan gratis dan mempraktekkannya begitu selesai membaca.

Pilihan kedua, kursus web programming, pilihan kedua ini punya kelebihan yang lebih baik dibanding pilihan pertama, kenapa? Kalau kamu memilih tempat kursus web programming, kamu akan dibimbing oleh mentornya langsung, belajarnya jadi lebih singkat, efektif, dan tidak menghabiskan waktu sia-sia seperti pilihan yang pertama.

Kelebihan lainnya, tempat kursus web programming juga memberikan jaminan padamu agar kamu jago web programming. Setiap kali menemukan kendala, kamu bisa melakukan trial-error sendiri terlebih dahulu, begitu sudah buntu, kamu bisa langsung menanyakan solusinya pada mentor web programmingmu, so, taking a web programming course is a wise choice for you. :)

Freepik
Pertanyaannya, kalau kamu ingin kursus web programming, dimana tempat kursus terpercaya yang bisa kamu jadikan tempat kursus favoritmu untuk belajar web programming sampai benar-benar mahir? Tenang saja, pertanyaanmu itu akan saya jawab langsung melalui blog post ini. Enggak usah bingung lagi ya, kalau kamu mau mahir web programming, kursus aja di Dumet School.

Dumet School adalah tempat kursus Web Programming terpercaya yang bisa kamu jadikan tempat belajar web programming favoritmu. Di Dumet School, kamu akan diajarkan banyak materi programming yang mudah untuk dipraktekkan seperti: Membuat Website E-Commerce / Toko Online dengan PHP Framework Codeigniter.

Apa yang bisa kamu dapatkan kalau belajar web programming di Dumet School? Oh well, ada banyak sekali fasilitas keren yang bisa mendukung proses belajarmu supaya bisa jago web programming lho. Di tempat kursus Dumet School, kamu akan mendapatkan fasilitas berikut:


Semua fasilitas diatas akan sangat memudahkan proses belajarmu dan kamu bisa mendapatkan semua fasilitas itu hanya dengan bergabung menjadi murid di DUMET School. :)

Freepik
Siapa saja yang bisa ikut kursus web programming di DUMET School? Siapapun yang mau jago web programming bisa ikut kursus disini, baik itu pemilik bisnis, staff professional, freelancer, mahasiswa, atau bahkan fresh graduate sekalipun. Dan bagian terbaiknya, kamu akan memperoleh sertifikasi dari Diknas yang penting untuk menunjang karirmu di bidang web programming lho. :)

Sebagai pertimbangan buatmu, saya sertakan video testimoni dari orang-orang yang sudah pernah belajar web Programming di DUMET School


So, kalau mau mahir web programming serta mendapatkan sertifikasi yang diakui oleh Diknas, tempat kursusnya ya cuma di DUMET School. :)

Referensi Gambar & Video

Freepik.com, DUMET School (YouTube Channel), Ardeni Bayu (Video, YouTube Channerl), Mikagura.

1 comment:

  1. oke, jadi intinya yang sudah memiliki sertifikasi lebih unggul dibanding yang belum disertifikasi

    ReplyDelete

Speak Your Mind

Berkomentarlah dengan baik, usahakan membaca artikelnya terlebih dahulu hingga selesai supaya komentarmu bisa sesuai dengan pembahasan artikel di blog ini.

Jangan menyertakan link aktif di kotak komentar. Komentar berisi link aktif akan segera dihapus!

Terima Kasih :)

Powered by Blogger.