5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memiliki Desain Blog Yang Mobile-Friendly

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memiliki Desain Blog Yang Mobile-Friendly
Credit: Freepik

Sudah tahu apa itu blog yang mobile-friendly? Kalau belum, biar saya jelaskan supaya kamu memahami apa itu blog yang mobile friendly dan kenapa kamu harus memilikinya.

Apa itu blog yang mobile friendly?

Penjelasan mudahnya, sebuah blog yang mendukung fitur tampilan mobile-friendly bisa diakses tidak hanya oleh perangkat desktop tapi juga bisa diakses perangkat mobile seperti tab dan smartphone. Sekarang, yuk kita bahas, kenapa sih kita harus memiliki blog yang mobile friendly.

1.    Blog yang mobile-friendly itu mudah diakses peragkat mobile seperti smartphone

Ingatlah, pengunjung blog kita itu tidak hanya mereka yang mengakses internet melalui perangkat desktop saja, namun tidak bisa dipungkiri jikalau banyak netizen yang telah merubah pola akses internetnya ke perangkat mobile seperti tab maupun smartphone. Oleh karenanya, dengan memiliki blog yang mobile-friendly akan memudahkan pengunjungmu yang menggunakan smartphone, mereka bisa membaca tulisan terbarumu dengan mudah, kamu pun mendapatkan trafik dari pengunjung.

2.    Menaikkan peringkat blog milikmu di mesin pencari

Salah satu mesin pencari mainstream popular saat ini, google, telah membuat aturan baru untuk para pengguna blog supaya segera mengatur tampilan blognya menjadi mobile-friendly. Regulasi ini tujuannya pada akhirnya ditujukan untuk kenyamanan pembaca yang ingin membaca tulisan-tulisan berkualitas di blog milikmu.

Kamu pasti tahu, mengunjungi blog yang aksesnya cepat bisa membuat pengunjung betah untuk berlama-lama membaca tulisan di blogmu, bukan tidak mungkin pengunjung itu bisa menjadi returning visitor alias pengunjung setiamu.

Manfaat lain memiliki blog yang mobile-friendly itu bisa dapet peringkat yang bagus di pencarian google. How does it works? Kamu tahu alexa rank? Ya, semakin banyak kunjungan di blogmu, maka peringkat blog pun akan semakin baik, kebanyakan blog-blog yang berperingkat tinggi sudah mendukung fitur mobile-friendly, bahkan konten blog yang sering tayang di halaman pertama google rata-rata adalah blog yang mobile-friendly.

3.    Menaikkan Trafik Pembaca Untuk Blogmu

Menurut laporan mengenai Mobile Advertising Forecast yang dilakukan oleh Zenith Media bahwa perangkat mobile menguasai trafik internet global sebesar 75% di tahun 2017 ini. Hal ini dikarenakan pertumbuhan perangkat mobile yang begitu cepat, pertumbuhannya berangsur naik pada tahun 2012 sebesar 40% melonjak naik menjadi 68% di tahun 2016 lalu. So, enggak mengherankan kalau saat ini adalah era dimana para netizen lebih aktif menggunakan tab dan smartphone untuk memenuhi kebutuhan infromasi harian mereka ketimbang harus menggunakan perangkat desktop yang punya keterbatasan tidak bisa digunakan dimana pun kita mau.

Melihat data diatas, hal itu merupakan kabar baik buat kamu, blogger, yang sudah menerapkan fitur tampilan mobile-friendly di blognya, dengan segmentasi pembaca mobile yang begitu besar, bukan tidak mungkin, blogmu juga terkena imbas mendapatkan trafik yang melimpah seiring meningkatnya kualitas konten dan promosi blogmu di berbagai media.

4.    Blog mobile-friendly bisa meningkatkan penghasilan Google Adsense

Melihat pasar pengguna mobile yang semakin meningkat tiap tahunnya, Google memberikan dukungannya pada para publishernya untuk meningkatkan earning akun google adsense miliknya dengan fitur iklan “Ads Mobile” yang sangat cocok dengan blog yang mobile-friendly. Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke blog milikmu dengan menggunakan smartphone, kesempatan menaikkan penghasilan menjadi salah satu kelebihan yang kamu dapatkan dari blog yang mobile-friendly.


5.    Memberikan peluang mendapatkan pembaca baru melalui sosial media

Saya pikir, kamu dan saya pastinya punya akun sosial media seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram, Whatsapp, Line, dan BBM. Faktnya, kebanyakan pengguna perangkat mobile menghabiskan banyak waktu untuk bersosial media, lihat saja Facebook, Twitter, dan Instagram , sosial media ini turut berkontribusi dalam memviralkan sebuah konten blog yang pada akhirnya bisa memberikan efek berupa datangnya trafik dari sosial media, bisa saja netizen yang baru pertama kali berkunjung di blogmu karena rekomendasi dari netizen lain di linimasanya bisa menjadi pembaca baru blogmu.

5 kelebihan yang telah kamu baca bisa kamu dapatkan dengan hanya mengatur blog milikmu menjadi mobile-friendly. Saya harap tulisan ini bisa bermanfaat untukmu ya.

Apakah blog milikmu sudah mobile-friendly? Cara mengeceknya mudah kok, baca tutorialnya melalui artikel ini: Cara Mengecek Apakah Blogmu Sudah Mobile-Friendly atau Belum dengan Google Mobile-Friendly Test.

Bagaimana artikel ini menurutmu?

2 comments:

  1. Makasih sharingnyaaaa mas :D langsung cekkkk ah :D meluncur ke TKP

    ReplyDelete

Speak Your Mind

Berkomentarlah dengan baik, usahakan membaca artikelnya terlebih dahulu hingga selesai supaya komentarmu bisa sesuai dengan pembahasan artikel di blog ini.

Jangan menyertakan link aktif di kotak komentar. Komentar berisi link aktif akan segera dihapus!

Terima Kasih :)

Powered by Blogger.