4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menebar Kebaikan Lewat Berbagi Ilmu Di Bulan Ramadhan

4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menebar Kebaikan Lewat Berbagi Ilmu Di Bulan Ramadhan
Disclosure: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Sekolah Relawan, sebuah lembaga kemanusiaan yang focus terhadap edukasi kerelawanan dan pemberdayaan masyarakat sebagai wujud aksi nyata kerelawanan.
Picture Credit: Freepik
Kalau ingat berbagi, ingat sekolah relawan nih guys. Dengan tag-line mereka yang meaningful banget: Ramadhan Berani Berbagi. Kita jadi diingatkan kembali, sudah berbagi apa kita di bulan suci ini?

Buat kamu yang baru tahu Sekolah Relawan. Pasti kamu penasaran dong apa itu Sekolah Relawan? So, apa sih Sekolah Relawan itu?

Sekolah Relawan adalah sebuah lembaga kemanusiaan yang fokus terhadap edukasi kerelawanan dan pemberdayaan masyarakat sebagai wujud aksi nyata kerelawanan. Komunitas ini sudah banyak berkontribusi lho. Di bulan Ramadhan ini saja, dengan tag-line Berani Berbagi, Sekolah Relawan sudah banyak berbagi kebaikan untuk orang-orang yang membutuhkan lho, apa saja programnya?

Credit: Lucky Caesar
See? Banyak sekali program-program bagus yang sudah dikerjakan oleh Sekolah Relawan untuk sesama. Sekarang, pertanyaannya adalah apa yang bisa kita lakukan supaya bulan ini bisa berbagi manfaat terbaikmu seperti Sekolah Relawan?

Berbagi itu enggak harus dengan materi lho, guys. Emang sih banyak banget orang-orang yang berbagi dengan materi, namun, cara kita membagikan kebahagiaan kepada orang lain tidak harus sama dengan orang lain, bukan?

Di bulan suci ramadhan ini, kamu bisa banget lho berbagi kebaikan dengan cara memberikan ilmu milikmu pada orang-orang terdekatmu, teman, atau bahkan orang lain yang punya semangat tinggi untuk belajar namun minim akses pendidikan.

Saya percaya, tiap orang yang berilmu punya kewajiban juga untuk mencerdaskan orang lain yang membutuhkan dengan caranya masing-masing. Melalui artikel ini, saya ingin berbagi tips berdasarkan pengalaman saya sendiri selama berbagi kebaikan dengan cara berbagi ilmu. Penasaran apa aja sih yang bisa kita lakukan biar bisa berguna untuk sesama dengan ilmu kita?


1. Menjadi Pengajar Relawan Di Daerah


Buat kamu yang punya passion mengajar, kamu bisa banget lho berkontribusi di dunia pendidikan dengan cara menjadi pengajar relawan di daerah. Selain mengetahui perkembangan pendidikan di daerah, kamu juga turut ikut serta membangun pendidikan Indonesia lho.

Saya juga pernah menjadi pengajar relawan selama seminggu di daerah Banten, lebih tepatnya di desa Ciboleger, Rangkas Bitung. Saat itu, pihak kampus, melalui organisasi badan eksekutif mahasiswa, mengadakan bakti sosial di daerah itu, mereka membutuhkan pengajar yang siap ditempatkan di desa itu, oleh karenanya, saya pun memutuskan untuk ikut bergabung menjadi salah seorang pengajar relawan.

Dengan menjadi pengajar relawan, kita diajak untuk ikhlas membantu saudara kita yang membutuhkan pendidikan. Karena memberi itu tak harus dengan materi, menjadi pengajar relawan patut kamu pertimbangkan. :)


2. Berbagi Ilmu Dengan Menjadi Penulis Blog

Credit: Freepik

Saya percaya, tiap orang punya keahliannya masing-masing. Ada yang mahir di bidang matematika, biologi, pemrograman, desain, dan rumpun ilmu lainnya. Kalau saja masing-masing orang mau berbagi keahliannya dengan menulis konten yang bisa diakses dengan gratis, pasti banyak sekali orang yang terbantu oleh tulisanmu lho.

Saya suka dengan Bahasa Inggris, maka dari itu, saya pun memutuskan untuk menjadi penulis blog yang rutin menulis artikel mengenai bidang ini, mulai dari kosakata Bahasa Inggris, grammar, dan tips debat Bahasa Inggris, semuanya bisa diakses dengan gratis melalui blog ini. Mau berbagi kebaikan dengan menulis di blog? Let's being a blog's writer :)


3. Berbagi Ilmu Dengan Menjadi Pelatih Debat Bahasa Inggris



Kamu pernah jadi English Debater? Yuk berbagi kebaikan dengan cara melatih adik-adik kelas yang masih kuliah di kampus, dengan berbagi pengalaman dan wawasan mengenai debat Bahasa Inggris, adik-adik kelas kita bisa menjadi lebih baik lagi dibandingkan kita dulu. Bukankah menyenangkan melihat mereka yang kita ajarkan ilmu yang kita miliki bisa berhasil. :)

Saya juga pernah diminta melatih adik-adik kelas saya yang jurusannya sama. Saya memberikan pelatihan debat Bahasa Inggris dengan sukarela selama 4 hari. Menyenangkan rasanya bisa berbagi ilmu dengan adik-adik kelas.

Buat kamu yang passion-nya itu di debat Bahasa inggris, kamu bisa berbagi ilmu debat Bahasa Inggrismu dengan menjadi pelatih debat lho. Dare to try? :)


4. Berbagi Ilmu Dengan Menjadi Pemateri Bahasa Inggris di English Club



Berniat menjadi guru Bahasa Inggris seusai lulus kuliah? Jika itu yang kamu mau, pastinya kamu harus mempersiapkan diri sedini mungkin dong, caranya? Kamu bisa menjadi pengajar sukarela melalui kegiatan English Club yang diadakan oleh himpunan mahasiswa Bahasa Inggris di program studimu, mereka butuh banget sama yang namanya pemateri Bahasa inggris untuk program mereka lho. Tak ada salahnya menjadi pemateri Bahasa Inggris melalui English Club, soalnya selain kamu bisa berbagi ilmu dengan peserta yang hadir, kamu juga bakalan dapet fasilitas pengembangan diri berupa kesempatan praktek menjadi seorang pengajar Bahasa Inggris lho. :)

Itu dia keempat langkah nyata yang bisa kamu lakukan untuk menebarkan kebaikan dengan cara berbagi ilmu. Punya ide menarik lainnya? Yuk, bagikan ide kamu melalui kolom komentar. :)

No comments

Speak Your Mind

Berkomentarlah dengan baik, usahakan membaca artikelnya terlebih dahulu hingga selesai supaya komentarmu bisa sesuai dengan pembahasan artikel di blog ini.

Jangan menyertakan link aktif di kotak komentar. Komentar berisi link aktif akan segera dihapus!

Terima Kasih :)

Powered by Blogger.