No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Saya Diundang Menjadi Pemateri Pelatihan Menulis Artikel Dalam Bahasa Inggris Di English Club ESA UHAMKA

Saya diundang kembali oleh adik kelas saya, mereka mahasiswa di program studi yang sama dengan saya: Bahasa Inggris. Ini kali kedua saya diberi kesempatan mengisi materi, sebelumnya saya berbagi ilmu mengenai English Speaking, sekarang, English Writing.

Pertemuan kedua ini, saya diminta memberi tips gimana sih caranya menjadi penulis artikel yang baik. 

Saya Diundang Menjadi Pemateri Pelatihan Menulis Artikel Dalam Bahasa Inggris Di English Club ESA UHAMKA

Well, honestly, it is difficult to make a standard on how a good writer it is, faktanya, meski saya sudah menulis 267 artikel di blog ini, saya tahu ada pembaca yang tidak suka dan tidak cocok dengan gaya menulis saya, ya, membaca tulisan itu soal selera sih, kalau kamu suka, silahkan nikmati bacaan yang ada disini, kalau tak suka, mudah saja, just find another writer that suits with you, as simple as that.

Selama menulis artikel di blog ini, tujuan saya hanya satu: berbagi menfaat dan kebaikan melalui tulisan-tulisan yang ada di blog ini, hanya itu. Oleh karenanya, penulis artikel yang baik menurut saya itu:

1. Give value to others: Memberi manfaaat untuk sesama, saya yakin kamu punya sesuatu untuk dikatakan dan dibagi pada orang-orang disekitarmu, misal, saya suka dengan bahasa Inggris, jadi, saya ingin berbagi konten bahasa Inggris dengan pembaca blog ini, dan saya ingin terus menulis lebih banyak lagi supaya lebih banyak orang yang bisa terbantu dengan tulisan saya yang ada di blog ini.

2. Know your reader: Karena saya suka dengan bahasa Inggris, oleh karenanya, artikel yang saya tulis ini, saya peruntukkan bagi orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris via online melalui blog. Contoh spesifiknya, bisa saja mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan bahasa Inggris, sastra inggris, atau bahkan anak sekolahan yang memang kebetulan ada tugas bahasa Inggris dan perlu referensi bacaan supaya bisa membantunya mengerjakan tugas dari gurunya.

3. Consistent: Saya pikir, penulis yang baik itu, penulis yang konsisten menulis. Oh well, bahkan saya suka sekali membaca tulisan para blogger yang rajin banget update di blog mereka masing-masing, karena saya suka dengan tipikal penulis seperti ini, saya pun melatih diri untuk bisa menulis secara konsisten. Hasilnya? Alhamdulilah, kamu bisa mengecek di arsip blog ini, saya menulis secara konsisten dari bulan mei 2015 hingga sekarang, termasuk tulisan yang sedang kamu baca ini. :)

4. Life long learner: penulis artikel yang baik itu pembelajar sejati, ia selalu ingin meningkatkan kualitas dirinya supaya ia bisa membuat pembacanya nyaman saat membaca tulisannya, meskipun faktanya, kamu enggak akan bisa menyenangkan hati semua orang, well, santai saja, kamu hanya perlu menemukan pembaca yang menyukai tulisanmu, kalau sudah bertemu dengan mereka, berilah manfaat terbaikmu untuk mereka, tentu agar bisa terus berbagi, kamu perlu belajar terlebih dahulu, oleh karenanya kriteria pembelajar itu wajib kamu miliki kalau ingin jadi penulis yang baik. :)

Udah itu aja, kalau tulisan ini dilanjutkan, bisa-bisa ada yang protes dan males baca yang ada. Hehe. :D

Bagaimana menurutmu?