No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Saya Diundang Menjadi Pemateri Bahasa Inggris Di English Club Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris UHAMKA (English Student Association)

Saya Diundang Menjadi Pemateri Bahasa Inggris Di English Club Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris UHAMKA (English Student Association)

Selain dapat tawaran mengisi materi debat bahasa inggris di fakultas agama islam, saya juga mendapat undangan lainnya. Undangan itu datang dari himpunan mahasiswa bahasa Inggris di fakultas saya sendiri, fakultas keguruan. Teman-teman himpunan ingin saya mengisi event English Club mereka, materinya itu speaking, lebih spesifiknya itu; how to be a good speaker.


Saya menyanggupi tawaran mereka untuk menjadi pemateri di kegiatan English Club mereka, terlebih saya suka sekali dengan materinya, speaking; how to be a good speaker - Bagaimana cara menjadi pembicara yang baik.


Saya membuat materinya dalam powerpoint, isi kontennya itu; 

1. Cara melampaui rasa takut berbicara di depan umum dalam bahasa inggris
2. Cara berbicara dengan percaya diri di depan umum dalam bahasa inggris
3. Dan terakhir, cara membuka pembicaraan yang baik sekaligus mendapatkan perhatian dari audiens atau pendengar serta cara menutup pembicaraannya dalam bahasa inggris

Diawal, saya menyampaikan kiat-kiat yang telah saya buat seperti list diatas, selanjutnya adalah praktek. Saya mengajak mereka untuk lebih proaktif berbicara karena memang materinya itu berbicara dalam bahasa inggris, kedua, mereka harus mempraktekkan ilmu yang mereka dapatkan sesegera mungkin.



Saya menggunakan dua metode untuk praktek mereka. Pertama, story compelling; caranya mudah, saya akan memilih satu orang, ia harus memilih satu topik yang ia sukai, misalnya pendidikan, ia harus bercerita mengenai topik itu, ketika saya mengucapkan diksi "next", itu berarti, teman yang duduk di sebelahnya harus melanjutkan ceritanya.


Metode kedua; one minute free-speech; cara ini mengharuskan mereka untuk berbicara selama satu menit penuh, tentu berbicaranya di depan kelas, kan ini pelatihan public speaking, makanya harus maju di depan.



Terakhir, untuk mempraktekkan cara menutup materi, saya menyuruh beberapa peserta untuk maju dan meringkas mengenai materi yang sudah dipelajari di English Club. 

Sekian ceritanya, bagaimana cerita ini menurutmu?