No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa Itu Conjunction Dalam Bahasa Inggris

Kalau kelak kamu bercita-cita ingin menjadi seorang guru bahasa Inggris, ketika kamu mengajari muridmu menulis dalam bahasa Inggris, kamu pastinya tak akan heran kalau muridmu membuat kesalahan pada percobaan pertama mereka. Dalam pertemuan mendatang, kamu mulai mendapati kualitas tulisan muridmu semakin membaik secara bertahap, lalu ada salah seorang murid yang mendatangimu dan meminta saran mengenai bagaimana ia bisa meningkatkan kualitas tulisannya.

Ellias: "Sir, how can I improve my writing skill in English? I have written this, please give me some feedback." Said your student. - "Pak, bagaimana caranya saya bisa meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris? Saya telah menulis ini, mohon berikan masukan untuk saya. Kata muridmu.

Teacher: "Oh well, good question, Ellias. I will give you feedback after I checked your written text." - "Baiklah, pertanyaan yang bagus, Ellias Saya akan memberimu masukan setelah saya mengecek hasil tulisanmu ya."


Shopping
Last week, my mom, I, went to traditional market. We wanted to buy some fruit, it is mango, avocado, grapes, melon, pineapple, banana. My mom like grapes a lot, I don't like it. I prefer to choose mango, I don't like grapes.


Setelah membaca hasil tulisan muridmu, kamu sebagai guru tentunya ingin membuat tulisan muridmu menjadi semakin baik supaya ia semakin termotivasi untuk terus mengembangkan diri sampai ia mahir menulis dalam bahasa inggris. Oleh karenanya, kamu pun memberi masukan berupa tambahan kata-kata baru yang bisa disematkan dalam tiap kalimat yang telah ditulis oleh muridmu, sambil merevisi tulisan itu, kamu menjelaskan dengan detail bagian mana saja yang harus dirubah, muridmu pun mendengarkan penjelasanmu dengan cermat.

Teacher: "Ellias, I have checked and revised your written text. Well, you have made me glad about your writing development, you know, you can improve your writing by adding some new word on your text, so it could make your written text become more interesting." - "Ellias, saya sudah mengecek dan merevisi tulisanmu. Hmm, kamu membuat saya senang dengan perkembangan tulisanmu, kamu tahu, kamu bisa meningkatkan tulisanmu dengan menambahkan beberapa kata baru di tulisanmu, jadi tulisanmu bisa terlihat lebih menarik lagi."

Ellias: "Thanks for the appreciation, sir. Glad to hear that my writing has developed, so what are some words that you add to my text, sir. Would you mind to tell me so?" - "Terimakasih atas pujiannya, pak. Senang mendengar tulisan saya sudah berkembang, jadi kata apa saja yang bapak bilang harus ditambakan di tulisan saya? Berkenankah bapak memberitahukannya pada saya?"

Teacher: "Yes, of course. So, listen carefully, here the things you must to do."  -"Ya, tentu saja. Baiklah, dengarkan baik-baik ya, ini kiat-kiat yang harus kamu lakukan."

Ellias melihat dua kertas, kertas pertama itu tulisan miliknya, sedangkan kertas kedua itu tulisan yang sudah diperbaiki gurunya.

Shopping
Last week, my mom, I, went to traditional market. We wanted to buy some fruit, it is mango, avocado, grape, melon, pineapple, banana. My mom like grape a lot, I don't like it. I prefer to choose mango, I don't like grapes.
 
Shopping
Last week, my mom and I went to traditional market. We wanted to buy some fruit, some of which are; mango, avocado, grape, melon, pineapple, and banana. My mom like grapes a lot but I don't like it. I prefer to choose mango rather than grape.


Ellias pun melihat ada kata-kata baru yang ditambahkan oleh gurunya, ia lebih fokus pada diksi yang diberi tanda baca tebal seperti; and, but, dan rather than. Rasa ingin tahunya mengajaknya untuk memberanikan diri bertanya pada gurunya.

Ellias: "Sir, I saw some new words with a bold mark, what is that?" - "Pak, saya melihat beberapa kata baru dengan tanda baca tebal, itu maksudnya apa ya?"

Teacher: "It is called conjunction." - "Kata-kata itu disebut conjunction."

Ellias: "Pardon me?" - "Maaf, bisa diulangi?"

Teacher: "Conjunction." - "Conjunction"

Ellias: "Conjunction?" - "Conjunction?"

Teacher: "Yes." - "Ya"

Ellias:"What is conjunction, sir? - "Apa itu conjunction, pak?"

Setelah Ellias diberi tahu oleh gurunya mengenai kata-kata baru yang ada di teks miliknya itu conjunction, ia pun bertanya apa sih conjunction itu? Melalui artikel ini, Ellias dan gurunya akan mengajakmu belajar tata bahasa inggris bersama mereka, yuk dilanjut bacanya supaya kamu tahu apa itu conjunction.


Pengertian Conjunction

Apa itu conjunction? Penjelasan mudahnya, conjunction itu kata yang digunakan untuk menghubungkan kata dan frase lainnya dalam kalimat bahasa inggris atau bahkan ia juga bisa menghubungkan dua kalimat sekaligus menjadi satu kalimat utuh.



Kata Apa Saja Sih Yang Termasuk Dalam Conjunction?

Supaya memudahkanmu menguasai konsep dasar conjunction, kamu bisa mengetahui kalau kata itu termasuk conjunction atau bukan dengan cara melihat daftar berikut:

For, and, nor, but, or, yet, so, after, although, as, as if, as long as, as much as, as soon as, as though, because, before, even, even if, even though, if, if only, if when, if then, inasmuch, in order that, just as, lest, now, now since, now that, now when, once, provided, provided that, rather than, since, so that, supposing, than, that, though, til, unless, until, when, whenever, where, whereas, where if, wherever, whether, which, while, who, whoever, why, both ... and, not only ... but also, either ... or, neither ... nor, whether ... or, as ... as, such ... that, scarcely ... when, as many ... as, no sooner ... than, rather ... than.



Pembahasan Conjunction Dalam Hasil Tulisan Ellias

Supaya memudahkanmu menguasai konsep dasar conjunction, kita gunakan hasil tulisan Ellias dan kita bahas ada conjunction apa saja yang ada di tulisannya Ellias.
Shopping
Last week, my mom and I went to traditional market. We wanted to buy some fruit, some of which are; mango, avocado, grape, melon, pineapple, and banana. My mom like grapes a lot but I don't like it. I prefer to choose mango rather than grape.


Pertama, pada kalimat; Last week, my mom and I went to traditional market. Penjelasannya, kalau kita melihat list conjunction, kata "and" ada di dalam list, itu berarti kata ini masuk dalam tata bahasa conjunction, kata ini menghubungkan kata my mom dan I.

Kedua, pada kalimat; We wanted to buy some fruit, some of which are; mango, avocado, grape, melon, pineapple, and banana. Kata "and" menghubungkan pineapple dan banana.

Ketiga, pada kalimat; My mom like grapes a lot but I don't like it. Kata "but" menghubungkan dua kalimat, yakni My mom like grapes a lot dan I don't like it.

Keempat, pada kalimat;  I prefer to choose mango rather than grape. Kata "rather than" menghubungkan satu kalimat dan satu kata, setelah digabung dengan kata "rather than" kalimat itu menjadi utuh.



Terjemahan tulisan Ellias

Dari awal, kamu sudah membaca tulisan Ellias dalam bahasa Inggris, supaya memudahkan dan sekaligus menambah perbendaharaan kata bahasa Inggrismu, saya dengan senang hati menuliskan terjemahannya untukmu. Here it is:


Berbelanja

Minggu lalu, ibu saya dan saya pergi ke pasar tradisional. Kami ingin membeli beberapa buah, beberapa buah itu di antaranya adalah; mangga, alpukat, anggur, melon, nanas, dan pisang. Ibuku sangat suka sekali dengan anggur tapi saya tidak menyukainya. Saya lebih suka memilih mangga daripada anggur.


Sekian, semoga artikel ini bisa membantumu mengenali konsep dasar conjunction dalam bahasa inggris dan saya harap tulisan ini bisa bermanfaat untukmu ya. :)

Bagaimana artikel ini menurutmu?