What Is Adjective: Kenalan Yuk Dengan Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #10

What Is Adjective: Kenalan Yuk Dengan Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #10
Credit: Arashi

Kalau kamu ingin meningkatkan kualitas tulisanmu dalam bahasa Inggris, saya pikir kamu harus menambahkan tata bahasa adjective dalam tulisanmu, kenapa? Karena tata bahasa ini bisa menjelaskan detail lebih yang bisa memudahkan pembacamu dalam memahami tulisan keren buatanmu. :)


Apa itu Adjective Dalam Bahasa Inggris?

Adjective adalah kata sifat yang menerangkan kata benda. 




Bagaimana Cara Mengenali Adjective Dalam Kalimat Bahasa Inggris?

Penjelasan mudahnya, ada dua tips mudah nih gimana caranya kamu bisa mengenali adjective dengan cepat tanpa menghabiskan waktu yang banyak.

Adjective itu biasanya nongkrong asyik setelah kata kerja dan sebelum kata benda. Mudah, bukan? Supaya lebih jelas, ini contohnya:

1. Adjective Setelah Kata Kerja

Farhan is clever.

Reading a book is fun.

This fried chicken is delicious.

Penjelasan: kata dengan format miring adalah kata kerja dan kata yang ditebalkan adalah kata sifatnya. Dalam bentuk pertama ini, adjective ada setelah kata kerja (verb), coba deh kamu perhatikan, ada kata lain sebelum kata kerja, bukan? 

Misal: Farhan is clever.

Dalam kalimat diatas, adjective memang letaknya ada setelah kata kerja, namun, bukan berarti adjective disini menerangkan kata kerja "is". Kenapa? Kamu sudah membaca pengertian adjective, bukan? Iya, adjective fungsinya menjelaskan kata benda dalam kalimat, sebelum kata kerja dalam kalimat diatas ada satu kata lagi, yaitu Farhan, si Farhan disini dalam tata bahasa dikategorikan sebagai kata benda, jadi kita sama-sama tahu kalau kata "clever" menerangkan kualitas diri yang ada pada diri "Farhan". Kesimpulannya Farhan itu cerdas. Simpel, bukan?


2. Adjective Sebelum Kata Benda

A delicious food.

A cute cat.
 
Rintan is a diligent student.

Penjelasan mudahnya, kata yang tebal adalah adjective dan kata yang miring adalah kata benda. Dalam kalimat diatas, kita sama-sama tahu ada tiga adjective yaitu delicious, cute, dan diligent. Ketiga kata sifat ini menjelaskan kata benda setelahnya yakni food, cat, dan student. Mudah, bukan?



Ada Enggak Sih Daftar List Adjective Selain Contoh Diatas?

Jawabannya: Ada.

Saya sudah merangkum kata-kata mana saja yang dikategorikan sebagai kata sifat dalam bahasa Inggris. Here they are:


Daftar Adjective Dalam Bahasa Inggris


Kata Sifat Umum Benda
 
Happy,  sad, smart, cool, clever, diligent, delicious, fun, short, tall, small, big, handsome, beautiful, careful, dan helpful.

Kata Sifat Warna Benda

Red, blue, yellow, white, black, dan green.

Kata Sifat Bentuk Benda 

Circle, flat, square, dan triangle.


Cie udah ngerti nih apa itu adjective. Saya ucapkan selamat, kni kamu sudah mengerti apa itu adjective, mengenali adjective dalam kalimat, dan contoh adjective. Semoga bermanfaat ya artikelnya. :)

Bagaimana artikel tata bahasa ini?

6 comments:

  1. Yuhuii, makasih banget ilmu dan sharingnya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama mbak widya, semoga bermanfaat ya ilmunya. ^_^

      Delete
  2. bisa belajar bahasa inggris lagi nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti saya akan menulis lebih banyak konten bahasa inggris buat anggi dan teman-teman pembaca blog ini supaya bisa mendapatkan akses pendidikan bahasa inggris secara gratis, silahkan ditunggu update artikel selanjutnya ya. Terimakasih sudah membaca tulisan ini. :)

      Delete
  3. bermanfaat dong :) makasih ya agung sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha :D

      Ka ninda bisa aja, makasih ka.

      Iya sama-sama ka.

      Delete

Speak Your Mind

Berkomentarlah dengan baik, usahakan membaca artikelnya terlebih dahulu hingga selesai supaya komentarmu bisa sesuai dengan pembahasan artikel di blog ini.

Jangan menyertakan link aktif di kotak komentar. Komentar berisi link aktif akan segera dihapus!

Terima Kasih :)

Powered by Blogger.