No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Kenapa Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam Tidak Bisa Membuatmu Smart Sama Sekali?

Kenapa Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam Tidak Bisa Membuatmu Smart Sama Sekali?
Kenapa Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam Tidak Bisa Membuatmu Smart Sama Sekali?
Photo credit: Roslan Tangah (aka Rasso) via Visualhunt / CC BY-NC-ND

Hai pembaca blog Daily Blogger Pro. Bagaimana kabarnya? Saya harap kabar kalian baik-baik saja ya dan terus diberi kesehatan untuk bisa menjalani hari yang penuh aktifitas dengan lebih produktif lagi. Menyoal pertanyaan artikel ini: 

Kenapa Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam Tidak Bisa Membuatmu Smart Sama Sekali?

Budaya belajar dengan sistem kebut semalam belakangan mulai marak dilakukan pelajar. Alasannya simpel, mereka ingin mendapatkan skor ulangan tinggi dengan instan tanpa ribet meluangkan waktu berjibaku dengan tumpukan koleksi buku yang mereka beli di awal tahun ajaran baru.

Pertama mari kita bahas terlebih dahulu gaya belajar yang akrab dipraktekan banyak pelajar menjelang musim ujian. Sistem kebut semalam, ringkasnya, pelajar membaca materi semalam suntuk sebelum hari ujian berlangsung, mereka tahu kalau belajar dengan gaya ini melelahkan bahkan sampai-sampai ada pelajar yang rela tidak tidur dengan alasan materi yang harus dipelajari belum selesai dibaca.

Esoknya, ketika menjelang ujian, baru membuka lembar ujian, materi-materi yang dipelajari memang keluar tapi sayangnya kamu tidak ingat jawaban pastinya apa. Kasus lainnya, sialnya, tidak satu pun bahan bacaan hasil sistem kebut semalam yang keluar sama sekali, jadinya sia-sia deh, fail. Lebih sial lagi, udah begadang semaleman baca buku, ketika udah mau ujian malah ketiduran, alhasil pelajar yang satu ini bahkan gagal karena tidak bisa mengikuti ujian.

See, gaya belajar sistem kebut semalam tidak efektif sama sekali untuk membuatmu smart. Pertanyaannya, apakah gaya belajar itu bisa membantu pelajar menguasai pengetahuan di bidangnya? Tentu tidak, ambil contoh, mahasiswa bahasa Inggris, apakah dia bisa ngobrol bahasa Inggris dengan fasih di depan teman-temannya dalam waktu semalam? Kalau mau smart, lupakan gaya belajar instan dan fokuslah membangun kualitas diri melalui proses yang penuh dengan tantangan dan petualangan, itu alasannya kenapa belajar dengan sistem kebut semalam tidak bisa membuatmu smart sama sekali.

Sebenernya apa sih tujuanmu belajar? Setiap orang punya tujuannya sendiri, bagi pembelajar bahasa asing, mereka belajar supaya bisa mahir bahasa asing itu dalam berbagai aspek kemampuan, mulai dari berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis. Saya pikir, proses belajar yang ideal adalah ketika seorang pelajar selesai membaca materi dalam sebuah buku yang diminatinya, ada baiknya dia langsung praktek sesuai dengan konten buku itu supaya ilmunya bisa kamu miliki, ilmu yang mewujud dalam bentuk tindakan akan sangat berguna bagi pelajar dalam menunjang masa depannya, apalagi masa sekarang, persaingan sumber daya manusia semakin ketat karena kita telah memasuki masyarakat ekonomi asean.

Sekian, apabila artikel ini memberikan manfaat untukmu, kamu bisa membagikannya kepada teman-teman terdekatmu atau bahkan keluargamu lewat sosial media sharing yang ada di post artikel ini. Thanks for reading this post my readers. :)

Kalau ada yang ingin kamu sampaikan seperti tanggapan, jangan sungkan untuk berkomentar lewat comment box yang ada di bawah tulisan ini. Bagaimana menurutmu?