No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa Saja Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum PPL? - Cerita Seru PPL Di SMAN 28 Jakarta #1

Apa Saja Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum PPL? - Cerita Seru PPL Di SMAN 28 Jakarta #1

Artikel ini saya dedikasikan untuk adik kelas saya yang sekarang sedang menempuh kuliah semester 5 Bahasa Inggris, mereka sering kali mengajak saya berdiskusi mengenai PPL. Dulu pun sama, ketika saya masih semester 5 saya bingung dan benar-benar tidak mengerti apa itu PPL dan apa saja yang harus dipersiapkan. Ketika saya memcoba mencari tahu lewat bertanya kepada kakak kelas, jawaban mereka seperti ini:

Ka, PPL itu gimana sih?
"Ya, ntar juga lo ngerasain sendiri gimana PPL."

Ka, materi-materi yang diajarin pas PPL itu apa aja sih?
"Ya, pelajarin aja materi-materi bahasa inggris semester awal."

Ka, biar bisa PPL di semester 7 itu syaratnya apa aja sih?
"Syarat buat diterima PPL itu banyak sama ribet.

Ka, cara ngajar yang bagus gimana sih?
"Ya lo ngajar aja sebisa lo."
Ka, kalo kelompok sama sekolahan buat PPL kita yang nentuin atau kampus?

"Ya, tergantung ntar sama angkatan lo PPL, tiap angkatan kan beda."

Oh well, dari 5 jawaban di atas, tidak satu pernyataan pun dapat membantu saya mengerti seperti apa PPL itu. Oleh karena itu, saya membuat artikel ini supaya adik kelas saya bisa mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan sebelum PPL. Benar memang tiap orang punya pengalaman yang berbeda-beda tentang cerita PPL dan saya pun punya cerita saya sendiri tentang PPL, oleh karena itu saya menuliskannya disini, tulisan dengan topik PPL ini akan saya tulis berseri, tulisan ini adalah seri pertama yaitu tentang apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum PPL. Persiapan itu ada 5 tahap, apa aja? Yuk disimak:


1. Lulus Mata Kuliah Bersyarat PPL

Saya sering mencari tahu tentang pertanyaan ini, sebenarnya mata kuliah bersyarat yang harus lulus itu apa aja sih? Pertanyaan ini terjawab ketika saya mengambil mata kuliah TEFL 3, dosen saya menjelaskan tentang mata kuliah apa saja yang harus lulus dan menuliskannya di papan tulis, mau tahu apa aja mata kuliahnya? Check the list below:

Jenis Mata Kuliah
Mata Kuliah
Skill Bahasa Inggris
Reading
Literal Reading
Reading  for Meaning
Critical Reading
Listening and speaking
Survival Listening & Speaking
Transactional Listening & Speaking
Academic Listening & Speaking
Grammar
Basic English Structure
Intermediate  English Structure
Advance English Structure
Writing
Sentence Writing
Paragraph Writing
Essay Writing
Administrasi Pendidikan
TEFL
TEFL 1
TEFL 2
TEFL 3
Instructional Evaluation
Language Test Development
Curriculum Material Development


Saya berdoa semoga kalian lulus semua mata kuliah di atas supaya bisa PPL di semester 7, amin. :)

2. Membuat Kelompok dan menentukan sekolah untuk PPL

Oh well,, kalau kamu baca list pertanyaan di atas, tahap kedua ini masuk dalam list pertanyaan saya yang sebelumnya belum terjawab. Dan sekarang, saya beritahu, pertama,, mengenai kelompok PPL, kamu bebas menentukan kelompokmu sendiri, jumlah maksimal yang diperbolehkan untuk tiap kelompok adalah 7 orang. Kedua, mengenai sekolah, kamu akan diberikan list daftar sekolah yang bekerja sama dengan pihak kampus, kamu bebas menentukan sekolahnya, maksimal kamu bisa mengajukan 3 nama sekolah.

Pertanyaan selanjutnya, kapan kamu bisa mengajukan berkas kelompok dan sekolah untuk PPL?
"Kamu bisa mengumpulkan berkas-berkas itu saat UTS mata kuliah TEFL 3."

3. Menunggu hasil seleksi PPL dari pihak program studi dan UPT PPL UHAMKA.

Setelah mengumpulkan berkas kelompok dan sekolah untuk PPL, tahap selanjutnya adalah menunggu hasil seleksi. Seleksi pertama ada di tingkat program studi, setelah pihak program studi selesai menyeleksi calon mahasiswa PPL, berkas-berkas tersebut akan diberikan ke pihak UPT PPL UHAMKA. Oh well, pada tahap menunggu hasil ini waktunya tidak bisa dipastikan dan tergantung pada kinerja staf yang bersangkutan, jadi saya sarankan untuk bersabar menunggu hasilnya.
"Pengalaman saya, saya dan teman-teman mengumpulkan berkas-berkas itu di bulan april dan hasilnya diumumkan di bulan Juni."
Pertanyaan lainnya, informasi apa saja yang diumumkan dan tersedia dari UPT?

"Seperti jawaban sebelumnya, pengumumannya ada di bulan juni, informasi yang diberikan adalah kelompok, sekolah, dan dosen pembimbing PPL."


4. Melakukan observasi lokasi sekolah dan mengajukan izin PPL ke pihak sekolah

Keempat, kalau kamu sudah tahu teman kelompok untuk PPL, ada baiknya kalian melakukan kunjungan ke sekolah yang nantinya akan menjadi tempat kalian magang. Setelah tahu tempatnya, jangan sia-siakan kunjungan awal kalian, langsung ajukan kelompokmu ke pihak sekolah.

Pertanyaan: Apakah saya harus membuat surat sendiri untuk pengajuan izin PPL ke sekolah?

"Kamu nggak harus membuat suratnya sendiri kok. Kamu bisa meminta surat izin pangajuan PPL ke UPT."
Pertanyaan lainnya, setelah saya mengajukan izin untuk PPL, kapan pihak sekolah akan memberikan keputusan diterima atau tidaknya?

"Berdasarkan pengalaman, setidaknya pihak sekolah akan mengabarimu lagi satu minggu kemudian."
Pertanyaan selanjutnya, bagaimana saya bisa tahu pihak sekolah menerima atau menolak pengajuan PPL saya?
"Ada dua cara untuk mendapatkan informasi itu, pertama, kamu bisa menelpon pihak sekolah. Kedua, kamu bisa datang ke sekolah langsung, temui bagian kurikulumnya karena bagian itu yang mengurusi perizinan PPL kalian."

Last question, oh well, kalau pengajuan saya untuk PPL di sekolah itu ditolak, apa yang harus saya lakukan?

"Kalau begitu keadaannya, kamu harus sesegera mungkin mengajukan izin PPL ke sekolah lain. Saya sempat membantu teman saya, Fajar dan Ika, kedua teman saya ini belum mendapatkan sekolah untuk PPL, awalnya saya mengajak mereka untuk mengajukan kelompoknya ke sekolah tempat saya PPL. Sayangnya, mereka tidak bisa bergabung dengan kelompok saya karena mahasiswa PPL B.Inggris sudah banyak. Lalu, kami kembali ke kampus dan bertanya ke pihak UPT supaya kedua teman saya bisa mendapatkan kejelasan sesegera mungkin mengenai tempat mereka PPL. Alhamdulilah, kedua teman saya berhasil mendapatkan sekolah tujuan PPL."

5. Penyerahan Mahasiswa PPL ke sekolah

Terakhir, kalau kamu sudah sampai di tahap ini, itu berarti kamu sudah diterima PPL di salah satu sekolah. Pihak kampus akan menemani  kelompokmu ke sekolah, kira-kira kapan penyerahan PPL ini dilaksanakan?

"Penyerahan mahasiswa PPL ke pihak sekolah dilaksanakan kalau kalian sudah diterima oleh pihak sekolah. Pihak UPT PPL akan menetapkan tanggalnya, berdasarkan informasi tahun saya PPL, penyerahannya dilakukan di tanggal 28-30 Juli 2015, ini artinya mahasiswa PPL disarankan untuk melaksanakan tahap ini sesuai tanggal yang sudah ditetapkan"
Pertanyaan lainnya, apa saja yang saya lakukan selama penyerahan mahasiswa PPL ke sekolah?

"Pada tahap ini, kamu akan diberi pengarahan oleh bagian kesiswaan sekolah, apa saja? Kamu akan dikenalkan dengan guru koordinator PPL, guru-guru inilah yang akan membimbingmu selama 4 bulan PPL."

Pertanyaan selanjutnya, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum ke sekolah?

"Kamu harus menemui dosen pembimbingmu terlebih dahulu supaya nantinya beliau bisa mengantarkan kalian ke pihak sekolah. Bicarakanlah dengan sopan kapan kamu akan melakukan tahap ini, jam berapa, dan kesepakatan lainnya dengan beliau"
Keempat, kalau dosen pembimbing saya berhalangan giamana? Apakah saya harus ke sekolah sendiri?

"Tidak juga, kelompok PPL saya mengalami masalah ini, solusinya, kamu cari dosen lain yang bisa mengantar kalian untuk melakukan penyerahan ke pihak sekolah."
Saya sudah menuliskan banyak informasi di artikel ini, saya sengaja menulisnya dengan gaya Question & Answer supaya lebih to the point dan mirip dengan percakapan. Kalau teman-temanmu juga akan melaksanakan PPL tahun depan, kamu bisa bagikan tulisan ini untuknya supaya dia juga tahu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum PPL.

Oh iya, by the way, saya dan teman-teman PPL di SMAN 28 Jakarta. Sekolah ini masuk urutan ke-2 terbaik di DKI Jakarta. Banyak cerita seru selama mengajar di sekolah ini. 

Karena tulisan ini membahas tentang apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum PPL, dan  saya pikir tulisan ini sudah panjang, saya akan menuliskan keseruan apa saja yang kami lakukan selama PPL di artikel seri kedua, sebagai preview, artikel seri selanjutnya akan mengulas tentang apa saja yang mahasiswa PPL lakukan sebelum mengajar, pembagian kelas mengajar, cerita-cerita seru pengalaman mengajar pertama kali, dan masih banyak cerita menarik lainnya.

Bagaimana menurutmu? Speak your mind, please. :)